Jawa Barat memiliki keindahan alam yang menarik dan tentunya menyejukkan. Banyak tempat yang memikat para wisatawan untuk mencoba mengunjunginya.

Nah salah satunya curug, wisata air yang menyejukkan dan menyegarkan bahkan ada airnya yang sebening kaca 

dan inilah nama tempat  wisata air terjun atau curug  yang mungkin ingin kalian coba kunjungi di Jawa Barat 

1. Curug Sanghyang Taraje

(https://travelspromo.com/wp-content/uploads/2020/02/5-cukup-nyaman-untuk-berlibur-rivaldi-fahri-640x480.jpg)

Curug Sanghyang Taraje yang berarti dalam bahasa Indonesianya diartikan tangga yang digunakan oleh dewa-dewa atau para leluhur. Kata Sang Hyang sendiri diartikan sebuah kehormatan untuk para dewa atau leluhur dan kata Taraje adalah Tangga. 
Curug Sanghyang bak surga yang tersembunyi di Garut. Lokasi Curug ini berada di ketinggian 660 meter di atas permukaan laut dan air terjun sendiri memilki ketinggian 82 meter. 
Curug ini berada di Desa Pakanjeng kecamatan Pamulihan atau kira-kira 50 kilometer dari kota Garut, dan harga tiket masuknya cuma Rp 6000 saja.

2. Curug Panetean

(https://seringjalan.com/wp-content/uploads/2020/04/curug-panetean.png)


Curug Panetean, curug yang berlokasi di Tasikmalaya tepatnya di Desa kubangsari, kecamatan Cikalong. Curug ini dinamakan Curug Panetean karena bentuknya tetean atau tangga untuk jalan kaki dalam bahasa Indonesianya.
Untuk menuju lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 2 jam, dan aksesnya menuju curug ini kurang begitu bagus, harus berjalan kaki kurang lebih 1 kilometer untuk sampai ke lokasi curug ini. 
Bagi pengunjung yang membawa mobil tidak bisa karena jalanannya licin dan masih bebatuan, untuk pengunjung yang membawa  kendaraan sepeda motor hanya bisa sampai masuk wisata.

3. Curug Jagapati

(https://wisato.id/wp-content/uploads/2020/02/curug-jaga-pati2.png)


Curug Jagapati, curug yang berada di Garut selatan, tepatnya di Neglasari, Cisompet Kabupaten Garut, jarak curug ini kurang kurang lebih 13 kilometer dari pusat kota Garut dan membutuhkan waktu menempuh sekitar 38 menit.
Aliran air di Curug Jagapati ini berasal dari Gunug Limbung dan mengalir ke sungai Cilimbung. Nama curug ini memiliki arti menjaga kematian, kenapa bisa begitu ? karena untuk menjaga ekosistem kehidupan yang ada di curug ini. Jadi, Ketika hulunya mulai tercemar maka seluruh ekosistem di curug ini baik pohon atau lainya akan mati.
Curug ini memiliki keindahan tersendiri salah satunya adanya sebuah kolam yang cukup lebar. Jika kalian ingin mengunjungi wisata curug ini, usahakan ketika waktu musim kemarau, kalian akan melihat warnanya menjadi tosca, dan di musim ini debit airnya tidak begitu deras.

4. Curug Mariuk 

(https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9LE7Yr_-I8w3IKS7y4xeC5XiF_cah01Ts6dxAqPV5GkKQyiBP-vHnHRqWrEUFo4zZ7P0vGI0N-ZImffZRvbqei9QdyZD5PGGCQ4dyji-2k9PhS1rqyXeamV6aaEj5qC1fmzRJiJp1nhw/s640/DSCF8839.jpg)


Curug Mariuk, curug yang berlokasi di Perbukitan Masihit, desa Sukamakmur, Kabupaten Bogor.
untuk menuju lokasi curug ini lumayan sulit karena tanah licin yang berbatu dan adanya beberapa tanjakan. 
Pesona di Curug Mariuk ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih walaupun air yang mengalir di curug ini tidak begitu tinggi. Aliran air dikumpulkan di kolam, dari sedikit ketinggian kita dapat melihat dasar kolam yang jelas.